Pinjaman Online Ilegal, Solusi Dan Cara Kaburnya

By | January 30, 2021

Hai sahabat Metavaganza, Melemahnya kondisi ekonomi akibat dari pandemi, kian menyuburkan praktek pinjaman online atau fintech di negeri ini. Hal yang meresahkan tentu pinjaman online ilegal dengan beragam kecurangannya yang kian menyengsarakan.

Namun, masih sangat sulit memberantasnya karena mereka dapat dengan mudah mengganti nama saat telah diblokir oleh OJK. Terlebih pinjaman online cepat cair dalam hitungan menit saja, menjadikan banyak peminatnya tanpa lebih dulu meneliti legal tidaknya sebelum mengajukan pinjamannya.

Solusi Ketika Terlanjur Terjerat Pinjaman Online Ilegal

Apabila Anda terlanjur terjerat pinjaman online ilegal, berikut ini beberapa tips dari OJK untuk dapat menghadapinya yang bisa Anda coba.

1. Merestrukturisasi Pinjaman

Menurut ketua satgas OJK, Anda memiliki hak dan bisa meminta restrukturisasi pinjaman pada pihak fintech ketika tidak dapat membayar sesuai waktu jatuh tempo yang ditentukan. Hal ini secara konkrit diwujudkan dengan penjadwalan ulang pembayaran.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Apabila upaya restrukturisasi disetujui, Anda berkewajiban memanfaatkan kelonggaran yang diberikan untuk memaksimalkan upaya pembayaran. Sebab secara perdata, Anda memiliki perjanjian terkait kewajiban terhadap pemberi pinjaman.

2. Pengurangan Bunga Pinjaman

Pada saat Anda kesulitan melakukan pembayaran pinjaman dikarenakan bunga yang terlalu tinggi, maka Anda dapat dan berhak meminta pengurang bunga pada fintech yang memberi pinjaman Anda.

Umumnya rentenir online tersebut akan sulit mengabulkannya, tetapi bukan berarti tidak ada. Beberapa fintech ilegal dapat memberi potongan bunga usai melalui proses negosiasi dengan nasabahnya. Dikabulkan karena demi memberi kemudahan nasabah dalam membayar pinjaman.

3. Laporkan Polisi Apabila Pihak Fintech Tidak Mengabulkan Poin di Atas

Anda berhak dan dapat melaporkan fintech ke pihak kepolisian, apabila terjadi kekerasan juga ancaman dalam penagihan. Terlebih jika Anda telah mengajukan dua opsi di atas untuk bisa melakukan pembayaran, tetapi pihak fintech tidak mengabulkan.

Baca Juga : Cara Berbicara Dengan Google Assistant

Dengan melapor, Anda sudah membantu pihak berrwajib untuk memberantas fintech ilegal yang tindakan penagihannya banyak meresahkan. Jangan lupa pada saat melapor Anda membawa kartu identitas, bukti-bukti berupa capture chat berisi ancaman atau teror, menceritakan kronologi secara sistematis dan jelas.

Mengenali Perbedaan Pinjaman Online Ilegal dan Legal

Agar tidak terjebak dalam jerat fintech ilegal, selain mengikuti update pinjaman online yang terdaftar di OJK Anda juga harus bisa mengenali ciri-cirinya. Berikut ini perbedaan yang bisa Anda kenali antara yang legal dan ilegal.

1. Pinjaman Online Legal

  • Pinjaman online legal terdaftar serta operasionalnya diawasi OJK
  • Alamat kantor jelas dan terdapat layanan konsumen
  • Kelolosan pinjaman melalui seleksi ketat
  • Jumlah maksimum pengembalian, termasuk cancel pinjaman 100% dari pokok pinjaman
  • Total biaya pinjaman seperti denda maks. 0,05-0,8%/hari
  • Rincian biaya juga denda pinjaman transparan
  • Penagihan maksimum 90 hari, jika tidak ada pembayaran maka peminjam alan masuk blacklist Pusdafil
  • Akses data yang diminta hanya microphone, kamera dan lokasi Anda

2. Pinjaman Online Ilegal

  • Pinjaman online ilegal Tidak terdaftar OJK, alamat kantor tidak jelas dan tidak ada layanan konsumen
  • Kelolosan pinjaman lebih mudah, tetapi meminta akses ke seluruh data di dalam ponsel Anda
  • Perhitungan bunga juga denda tidak terbatas, serta tidak ada transparansi terkait penerapannya
  • Penagihan tidak mengenal waktu, serta apabila terjadi keterlambatan pembayaran, penagihan melakukan ancaman, teror, sebar data dan tindakan yang bertujuan untuk mempermalukan nasabah lainnya.

Cara Kabur Dari Pinjaman Online Illegal

Setelah menempuh langkah – langkah solusi seperti dijelaskan diatas namun kita tetap dikejar oleh debt collector pinjaman online Illegal.

Maka cara pamungkasnya adalah kabur, berikut Tipsnya :

1. Hub Semua Daftar Kontak di Smartphone kalian.

Tak hanya itu kalian juga harus ucapkan mohon maaf. Karena pihak peminjam online dimungkinkan akan menghubungi seluruh no kontak yang tersimpan di HP anda.

Baca Juga :

Ganti Nomor Baru di HP, Guna kabur dari pinjaman online Illegal juga dapat dilaksanakan dengan mengganti No HP seperti yang kalian daftarkan pada aplikasi pinjol.

2. Laporkan pada Pihak berwajib.

Dan bila kalian merasa di rugikan maka jangan segan segan untuk membawa seorang prajurut.

Yup hal ini karena biasanya para debt collector pinjaman online illegal akan melakukan spamming pesan ke beberapa no HP sang pemilik sesuai dengn daftar kontak yang ada.

Akhir Kata

Setelah mengenali ciri-cirinya, akan lebih baik jika Anda tidak memilih pinjaman online ilegal dan cara kaburnya sebagai solusi keuangan Anda. Sebab bukan hanya semakin menambah beban keuangan tetapi juka berisiko pada ancaman, kekerasan dan dipermalukan.