Memori Internal dan Eksternal Komputer

Memori Internal dan Eksternal Komputer

Memori Internal dan Eksternal Komputer yang Penting Kamu Ketahui – Di era serba digital seperti saat ini, penggunaan komputer sudah menjadi hal yang lumrah. Kamu mungkin salah satu diantara sekian banyak orang yang menggunakan komputer untuk kebutuhan kebutuhan tertentu.

Selama menjadi seorang pengguna mungkin kamu sering mengira bahwa media penyimpanan di dalam komputer hanya hardisk dan RAM.

Perlu diketahui terdapat banyak jenis memori lain yang juga terdapat pada komputer yang juga memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media penyimpanan. Kamu mungkin sudah mengetahui memori tersebut terdiri atas dua jenis yaitu memori internal dan eksternal.

Memori Internal dan Eksternal Komputer

Sebelum mengetahui apa saja yang termasuk media penyimpanan pada kedua jenis memori tersebut, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan dari keduanya. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan dari kedua jenis memori tersebut

  • Memori internal merupakan media penyimpanan yang tidak dapat dicabut dan terletak di dalam sebuah perangkat. Sedangkan memori eksternal dapat dicabut dan berada di luar perangkat.
  • Data yang terdapat pada memori internal memiliki pengamanan sehingga lebih sulit untuk dipindahkan. Sedangkan ada memori eksternal tidak terdapat pengamanan sehingga data lebih mudah untuk dipindahkan.
  • Karena memori internal terikat dengan suatu sistem perangkat, maka penyimpanan data pada memori lebih mudah hilang karena ada waktu tertentu sistem akan menghapusnya. Sebaliknya, memori eksternal tidak terikat pada sistem perangkat sehingga penyimpanan data tidak mudah hilang.

Itulah beberapa dari ketiga perbedaan memori internal dan eksternal yang tersebut di atas, kamu mungkin sudah mendapat gambaran bagaimana penggunaan dari media penyimpanan internal dan eksternal pada komputer tersebut hal ini juga sebagai cara mencegah dan Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Mudah

Untuk mengetahui lebih jauh lagi, berikut ini akan dibahas mengenai beberapa media penyimpanan yang termasuk ke dalam memori eksternal dan internal pada komputer.

RAM

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan media penyimpanan internal yang satu ini. RAM merupakan singkatan dari Random Access memory. Fungsi dari memori ini adalah sebagai media penyimpanan aplikasi atau software yang biasa dijalankan pada komputer. RAM ini sering disebut juga sebagai media penampung dari segala aktivitas pada komputer.

ROM

Pada pembahasan memori internal dan eksternal ini kita terlebih dahulu akan membahas media penyimpanan internal pada komputer. Penyimpanan internal yang selanjutnya adalah ROM atau Read Only Memory. Ini merupakan jenis memori yang berfungsi sebagai pengingat aktivitas yang sedang berlangsung pada komputer. Meskipun sedang tidak dioperasikan, ROM pada komputer akan tetap bekerja. Rom ini lebih dikenal sebagai frimware atau BIOS.

DRAM

Ini merupakan media penyimpanan jenis RAM yang paling sering di lakukan penyegaran oleh otak komputer atau CPU. DRAM memiliki fungsi untuk menjaga memori yang terdapat pada ram agar dapat digunakan secara terus-menerus dan tidak cepat menghilang.

SDRAM

Banyak orang yang menganggap bahwa SDRAM merupakan RAM pada komputer dengan versi mini. Sebenarnya, SDRAM ini merupakan media penyimpanan yang menjadi bagian lanjutan dari memori DRAM. Sisi kecepatannya yang lebih unggul dari DRAM menjadi keunggulan tersendiri dari SDRAM.

Cache

Banyak yang belum mengetahui bahwa cache merupakan bagian dari memori internal dan eksternal, yang lebih tepatnya merupakan media penyimpanan internal pada komputer. Jenis memori ini berfungsi sebagai media penyaringan dalam komputer. Chace memory akan menyaring data yang masuk ke dalam sistem komputer sebelum kemudian data tersebut akan masuk ke memori utama. Inilah yang menjadi alasan mengapa kecepatan dari chace memory sangat tinggi.

CMOS

Ini merupakan memori yang menjadi bagian dari ROM, di mana CMOS ini memiliki fungsi sebagai media penyimpanan dari pengaturan dasar pada komputer. Salah satu contoh pengaturan dasar yang menggunakan fungsi si pada media penyimpanan CMOS adalah jam dan tanggal yang terdapat pada komputer.

Itulah beberapa jenis memori internal yang terdapat pada komputer. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pembahasan ini mencakup memori internal dan eksternal yang terdapat pada komputer. Maka dari itu, selanjutnya kita akan membahas mengenai beberapa jenis memori eksternal. Berikut ulasannya.

Flashdisk

Ini merupakan jenis media penyimpanan di mana flash disk ini adalah hasil pembaharuan dari floppy disk. Floppy disk sendiri merupakan media untuk memindahkan file secara portable. Floppy disk pada masanya disebut sebagai disket yang berbentuk persegi panjang serta dilengkapi dengan cakram di dalamnya.

Setelah dilakukan pembaharuan, floppy disk perlahan mulai ditinggalkan dan para pengguna berbondong-bondong berpindah pada flash disk. Jenis media penyimpanan eksternal flash disk ini lebih efektif dan efisien karena ukurannya yang kecil. Jika berbicara memori internal dan eksternal, flash disk ini menjadi media penyimpanan yang cukup familiar di telinga masyarakat umum.

Harddisk

Hardisk merupakan media penyimpanan data memori yang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan software dan file-file yang terdapat pada komputer. Harddisk eksternal berperan dalam pencadangan data yang besar.

Compact Disk

Compact disk atau CD merupakan media penyimpanan berupa piringan optik yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga 700 MB. CD ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya ada CD RW atau rewrite, CD-ROM, dan CD-WORM. Berbeda dengan jenis penyimpanan lain, compact disk jenis CD-WORM dan CD-ROM hanya mendukung satu penulisan. Ini berarti, saat menyimpan data kamu harus melakukan burn. Selain itu, CD juga hanya mendukung 1 kali pembakaran.

Dalam sejarah memori internal dan eksternal, CD menjadi media penyimpanan yang penggunaannya cukup rumit. Karena itu, memori eksternal compact disk ini mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Penggunaan media penyimpanan compact disk bertambah rumit karena memori hanya dapat dibuka dengan menggunakan perangkat CD drive. Meskipun demikian, compact disk menjadi salah satu media penyimpanan yang terhindar dari virus.

DVD

Ini merupakan jenis memori eksternal hasil pengembangan dari compact disk. Berbeda dengan CD DVD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Selain itu, dipilih juga memiliki kecepatan membaca data yang lebih dari CD. Kelebihan lain dari DVD adalah kemampuannya untuk mengeluarkan kualitas audio dan video yang lebih baik.

Karena berbagai kelebihannya dalam menampilkan kualitas video dan audio, DVD dikenal sebagai memori untuk menyimpan film. Perlu kamu ketahui, tidak jauh berbeda dengan CD DVD juga hanya dapat dibuka atau digunakan dengan perangkat DVD Drive. Individu juga memiliki versi rewrite (RW) yang dapat mengganti file-file dengan yang baru yaitu dengan menghapus file yang sebelumnya.

Itulah beberapa memori eksternal yang mendukung untuk digunakan pada komputer. Setelah mengetahui jenis-jenis dari media penyimpanan internal dan eksternal yang sudah disebutkan di atas, apakah kamu dapat membedakan bagaimana penggunaan dari keduanya?

Mudah saja, media penyimpanan akan dikatakan sebagai media penyimpanan eksternal jika perangkat/ medianya bisa dibawa kemana-mana dan bisa dilepas dari komputer. Sebaliknya, memori internal hanya bisa digunakan pada perangkat dimana memori tersebut terpasang. Demikianlah pembahasan mengenai memori internal dan eksternal yang dapat team penulis metavaganza berikan, semoga bermanfaat.

One Reply to “Memori Internal dan Eksternal Komputer”

Comments are closed.