Investree, Fintech Lending Legal Terdaftar OJK

review investree

Banyak orang ataupun perusahaan yang memiliki kendala ketika akan meminjam dana pada lembaga perbankan. Apalagi ketika mereka sedang membutuhkan dana yang cepat. Maka Fintech Lending atau pinjaman online jadi pilihan salah satunya adalah Aplikasi Investree.

investree
sumber : investree.id

Review Investree

Persyaratan yang rumit dan proses yang panjang membuat terciptanya perusahaan-perusahaan yang berperan sebagai jembatan antara pihak yang membutuhkan pinjaman dana (penerima pinjaman) dengan pihak yang mau menginvestakasikan atau meminjamkan dananya (pemberi pinjaman. Salah satu contoh dari perusahaan yang dimaksud diatas adalah Investree.

Bagi Anda yang belum paham mengenai Aplikasi Fintech Lending yang satu ini, tidak perlu khawatir karena saya akan memberikan review Investree. Yuk langsung disimak saja ulasan di bawah ini.

Apa itu Investree?

Aplikasi ini merupakan layanan P2P lending yang berbasis teknologi dan bergerak di bidang keuangan. Investree mempunyai nama resmi PT Investree Radhika Jaya. Investree ini tidak termasuk lembaga perbankan. Namun, merupakan perusahaan yang menjadi jembatan antara pemberi pinjaman dan calon penerima pinjaman.

Investree melihat bahwa potensi di bidang finansial ini besar, namun masih memiliki keterbatasan di dalam mengakses pembiayaannya. Sehingga, akhirnya memberikan jalan keluar melalui layanan P2P Lending melalui online.

Investree tidak hanya menyediakan dan menjembatani akses pinjaman saja, akan tetapi juga memberikan perlindungan kepada pemberi pinjaman dan penerima pinjaman agar mereka dapat saling menguntungkan.

Sistem Kerja

Mungkin bagi Anda yang masih asing dengan Investree ini akan muncul pertanyaan Anda bagaimana sistem kerja Investree ini. Jadi, Investree ini bekerja sebagai perusahaan yang menjembatani antara orang yang memiliki dana (pemberi dana) dan orang yang membutuhkan dana (penerima pinjaman).

Ada beberapa orang yang memiliki keinginan untuk menginvestasikan kelebihan dananya melalui meminjamkan kepada orang lain. Namun, mereka tidak ingin meminjamkan dana mereka secara langsung. Ini dikarenakan banyak kasus demikian yang sudah terjadi, ketika kita meminjamkan uang kita kepada orang lain secara langsung, biasanya dana tersebut akan susah untuk kembali. Maka dari itu kemudian mereka membutuhkan orang ketiga yang dapat dipercaya seperti Investree ini.

Berikut sistem kerja :

  1. Pertama, Investree menerima pengajuan pinjaman dari calon peminjam, kemudian menganalisis dan menyetujuinya.
  2. Kemudian, Investree akan menawarkan aplikasi kepada pemberi pinjaman. Apabila pemberi pinjaman setuju untuk memberikan pinjaman, maka aplikasi tersebut kemudian disetujui.
  3. Setelah itu, penerima pinjaman akan memperoleh dana sesuai persetujuan dengan pemberi pinjaman.
  4. Terakhir, penerima pinjaman harus membayar angsuran pinjaman beserta bunganya sesuai jangka waktu yang telah disepakati. Melalui pengembalian dana, pemberi pinjaman dapat memberikan pinjaman lagi melalui aplikasi lain.

Cara Daftar

Untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman maupun ingin memberikan pinjaman maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Perusahaan ini akan melakukan pencatatan data-data pemberi dan penerima pinjaman. Sebab itu, Investree akan memastikan bahwa data yang diberikan itu benar bukan fiktif.

Aplikasi pinjaman online ini juga menyediakan berbagai macam layanan pembiayaan. Penerima pinjaman hanya bole memilih satu jenis layanan saja sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kemudian, sebelum mengajukan peminjaman dana, penerima pinjaman harus megisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Data yang harus diisi yakni nama lengkap peminjam, nomor hp, alamat email, dan juga kata sandi.

Pemberi pinjaman juga diwajibkan untuk mendaftar di Investree. Mereka akan diminta untuk mengisi formulir. Data yang diisikan yaitu asal kelebihan dana pemberi pinjaman dan menyetujui untuk memberikna pinjaman kepada pihak yang membutuhkan dana.

Syarat Pengajuan Dana

Investree memberikan syarat-syarat yang harus dipenuhi baik pemberi pinjaman maupun penerima pinjaman. Terdapat 2 jenis penerima pinjaman, yakni perusahaan dan perorangan atau individu. Bagi penerima pinjaman jenis perusahaan, berikut syarat-syaratnya:

  1. Mempunyai badan hukum berupa PT.
  2. Lokasi perusahaan berada di Jabodetabek, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.
  3. Sudah beroperasional minimal 2 tahun.
  4. Mempunyai hubungan bisnis dengan perusahaan yang besar.

Berikut ini syarat-syarat bagi penerima pinjaman jenis perorangan atau individu:

  1. Menjadi karyawan di perusahaan yang memiliki hubungan kerjasama.
  2. Memiliki domisili di Jabodetabek.
  3. Mempunyai penghasilan minimum Rp 3.100.000

Tidak ada syarat khusus bagi pemberi pinjaman. Siapa saja bisa jadi pemberi pinjaman baik WNI maupun WNA dengan usia lebih dari 17 tahun. Bagi pemberi pinjaman WNI dokumen yang ditunjukkan adalah KTP dan NPWP. Sedangkan bagi pemberi pinjaman WNA menujukkan dokumen paspor dan rekening bank di Indonesia.

Keuntungan dan Kerugian

Keuntungan :

  1. Pendanaan yang ditawarkan berupa return yang atraktif.
  2. Resikonya sudah terukur.
  3. Proses mudah dan cepat karena melalui online.
  4. Pemberi pinjaman tidak dibebani dengan biaya apa saja ketika proses pendanaan. Sehingga pemberi dana akan kembali mendapatkan dana yang dipinjamkan beserta bunganya.
  5.  Pinjaman melalu Investree dapat dilakukan kapan saja.
  6. Transparansi dalam pembebanan biaya administrasi dan penentuan tingkat bunga menjadi hal yang diutamakan oleh Investree.

Keugian :

  1. Bagi pemberi pinjaman, kerugian yang didapat adalah jika penerima pinjaman tidak membayar angsuran pada saat jatuh tempo. Ini mengakibatkan, uang yang diinvestasikan pemberi pinjaman tidak kembali.
  2. Bagi penerima pinjaman, tidak ada jaminan apakah pinjaman yang diajukan dapat terwujud atau tidak. Pencairan pinjaman ditentukan apakah ada atau tidaknya pemberi pinjaman yang akan memberikan dana sesuai yang dibutuhkan penerima pinjaman,

Apakah Aman?

Terkait dengan keamanan, investasi di Aplikasi Pinjaman Online ini tergolong aman. Dibawah ini beberapa alasan yang menunjukkan Investree aman:

  1. Adanya ketransparan. Investree mencantumkan infomasi mengenai pemberi pinjaman dan juga persyaratannya.
  2. Selalu menyeleksi, menganalisis, dan kemudian baru memberikan persetujuan kepada calon penerima pinjaman dengan memakai sistem credit-scoring. Maksudnya adalah Investree hanya menyetujui calon penerima pinjaman yang kredibel saja.
  3. Memiliki kerjasama dengan bank dalam mengelola proses pendanaan.
  4. Alasan terakhir adalah Fintech Lending ini sudah terdaftar dan juga diawasi oleh OJK sejak 31 Mei 2017. Ini mengandung arti bahwa aplikasi ini mempunyai sistem elektronik, penanganan resiko, kelayakan SDM, dan infrastruktur operasiona yang sesuai dengan standar pemerintah dalam menjalankan bisnis bidang teknologi finansial.

Akhir Kata

Itulah review Investree. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk lebih mengerti tentang Aplikasi pinjaman online ini. Jangan lupa bagikan informasi ini juga ke teman-teman Anda yang juga membutuhkannya. Terimakasih.