Penyebab dan Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total Karena Gagal Flashing

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total

Cara mengatasi HP Samsung mati total karena gagal flashing dibutuhkan saat ponsel Anda tidak memberikan respon sama sekali. Layar tetap hitam tanpa menampilkan apa pun, bahkan saat charging.

Banyak orang putus asa saat mengalami masalah ini karena menganggap HP mereka sudah mati total dan tidak bisa dipakai lagi.

Padahal masih ada beberapa langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya gagal flashing. Kalau pun sudah terlanjur terjadi, Anda masih punya kesempatan untuk mencadangkan data-data penting. Kemudian dilanjutkan dengan langkah-langkah pemulihan agar HP normal kembali.

Baca Juga : Cara Mengetahui Username dan Password Indihome

Metode yang akan kita bahas di artikel ini bersifat umum dan bisa dipakai di seri Samsung mana pun. Tidak perlu lagi mencari cara memperbaiki HP Samsung j120g mati total. Atau cara flash Samsung GT S6310 mati total. Cukup praktikkan cara-cara di uraian selanjutnya untuk ‘menyembuhkan’ Samsung Anda.

Sebelum memilih solusi yang tepat, analisis dulu penyebab HP Samsung mati total.

Penyebab HP Samsung Mati Total Akibat Gagal Flashing

1.    Firmware Tidak Sesuai

Untuk dapat bekerja dengan maksimal, HP membutuhkan firmware sesuai serinya masing-masing. Firmware bawaan pabrik sudah pasti cocok karena diinstall langsung oleh produsen. Masalahnya, saat melakukan flashing, Anda harus mencari sendiri versi firmware untuk perangkat Anda.

Kalau Anda melakukan flashing dengan versi firmware yang keliru, HP Samsung Anda tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Mungkin inilah alasan mengapa banyak orang mencari cara flash Samsung S4 mati total.

Jadi sebelum memulai proses flashing, cari tahu dulu versi firmware yang cocok. Usahakan untuk download firmware dari sumber resmi atau sumber luar terpercaya. Firmware dari sumber yang kurang kredibel berpotensi mengandung virus dan malware yang bisa menyebabkan kerusakan fatal.

2.    Masalah Kabel Data

Selama proses flashing, peran kabel data sangat krusial. Kabel data berfungsi sebagai media pertukaran data antara HP dan PC. Kalau kabel data Anda bermasalah, transfer data sudah pasti terganggu, flashing pun tidak berjalan lancar.

Hal ini berakibat pada gagal flashing dan menyebabkan HP Samsung Anda mati total. Samsung SM G750H mati total juga kerap disebabkan oleh kabel data yang rusak. Jadi sebelum mencari cara mengatasi hp samsung mati total karena gagal flashing, cobalah dari langkah paling mudah yaitu mengganti kabel data.

Usahakan untuk menggunakan kabel data original. Kalau pun menggunakan merek lain, pastikan kabel data mendukung transfer data stabil berkecepatan tinggi agar tidak mengganggu proses flashing.

3.    Driver Tidak Terinstall dengan Benar

Untuk melakukan flashing, PC Anda harus diinstall driver terlebih dahulu. Driver juga perlu disesuaikan dengan merek dan seri HP. Jadi kalau Anda mencari cara flash Samsung S7 Edge mati total, periksa dulu kecocokan driver yang akan Anda pakai untuk flashing.

4.    Baterai Habis atau Mati Listrik

Selama proses flashing, PC Anda tidak boleh kehabisan daya. PC tiba-tiba mati saat flashing bisa berakibat fatal. Inilah salah satu penyebab Samsung matot tidak terdeteksi PC. Walaupun terdengar sepele, faktanya memang inilah salah satu cara mengatasi HP Samsung mati total karena gagal flashing.

Kalau Anda menggunakan laptop, isi daya sampai penuh dan siapkan charger. Kalau Anda menggunakan PC, siapkan UPS untuk mengantisipasi mati listrik mendadak. Sebisa mungkin jangan sampai PC Anda mati sebelum flashing selesai.

5.    IC Rusak

IC adalah otak bagi smartphone. Saat proses flashing, IC bekerja lebih berat dari penggunaan biasa. Hal ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada IC yang berakibat pada mati total. Kalau IC sudah rusak, tidak ada solusi lain selain mengganti komponen IC dengan yang baru.

Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total Karena Gagal Flashing

Setelah mengetahui berbagai penyebab gagal flashing hingga HP mati total, Anda bisa mulai mempraktikkan beberapa langkah reparasi di bawah ini.

1.    Flash Ulang dengan Firmware yang Sesuai

Kalau gagal flashing disebabkan oleh ketidakcocokan firmware, solusi terbaik adalah melakukan flash ulang dengan tipe firmware yang sesuai. Jangan tergesa-gesa mencari firmware. Cari informasi dari sumber terpercaya tentang firmware yang tepat sesuai seri HP Samsung Anda.

Untuk kepeluan ini, Anda bisa meminta saran dari sesama pengguna Samsung di berbagai grup dan komunitas oprekers. Anda juga bisa menghubungi customer service atau service center resmi Samsung untuk informasi yang lebih terpercaya.

2.    Ganti Kabel Data Baru

Kalau kabel data yang Anda pakai sebelumnya bermasalah, coba flash ulang dengan kabel data baru. Gunakan kabel data USB 3.X untuk mendapatkan stabilitas dan kecepatan transfer data terbaik. Pelajari berbagai spesifikasi kabel data dan kriteria minimum yang diperlukan untuk flashing aman.

Lebih baik membeli kabel data yang sedikit lebih mahal daripada merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki HP matot. Bila memungkinkan, beli kabel data original dari gerai resmi Samsung untuk mendapatkan jaminan kualitas dan performa.

3.    Install Ulang Driver

Kalau Anda gagal flash HP, bisa jadi masalahnya terletak pada driver yang tidak terinstall dengan sempurna. Coba install ulang driver di PC Anda sesuai tipe HP Samsung yang akan diflash. Sama seperti firmware bagi hp, driver bagi PC juga sangat rawan mengalami masalah kompatibilitas.

Memastikan software kompatibel dengan hardware adalah cara mengatasi HP Samsung mati total karena gagal flashing.

Baca Juga : Cara Sadap WA Tanpa Verifikasi

Bisa dibilang bahwa kombinasi firmware-driver adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi jika ingin flash HP dengan sukses. Satu bagian yang tidak kompatibel akan memengaruhi bagian-bagian lain dan menyebabkan kegagalan proses flashing.

Solusi masalah kompatibilitas driver juga bisa diatasi dengan informasi dari forum pengguna atau layanan resmi Samsung. Ingat, jangan tergesa-gesa dan jangan bereksperimen dengan mencoba versi yang tidak sesuai kalau tidak ingin HP Anda mati total.

4.    Flash dengan Mode Emergency Download (EDL)

Beberapa seri smartphone dilengkapi dengan fitur EDL. Mode EDL digunakan untuk flashing HP dalam kondisi apa pun, bahkan saat bootloader masih terkunci. Jangan menggunakan mode ini kecuali dalam situasi mendesak karena garansi smartphone Anda akan hangus. Karena itulah disebut mode emergency (darurat).

Sebenarnya, EDL adalah mode yang diciptakan untuk keperluan Quality Control (QC). EDL tidak disarankan untuk penggunaan umum karena akibatnya cukup fatal jika tidak dilakukan dengan benar.

Cara paling mudah untuk masuk ke EDL adalah melalui salah satu kombinasi tombol berikut:

  • Power + Volume Up
  • Power + Volume Down
  • Power + Home

Persis seperti saat Anda hendak melakukan fast boot atau hard reset. Jika di halaman maintenance tersedia opsi EDL, berarti perangkat Anda memang didukung dengan fitur tersebut. Anda bisa memanfaatkannya sebagai cara mengatasi HP Samsung mati total karena gagal flashing.

Sekedar informasi, Xiaomi sudah mengunci mode ini di semua produksi mereka.

5.    Ganti EMMC

Istilah umum untuk IC smartphone adalah EMMC. Sebagai otak utama, EMMC adalah komponen perangkat keras yang perannya paling penting. Tanpa EMMC, HP pasti mati total.

Kalau Anda sudah mencoba cara-cara di atas tapi tidak ada yang berhasil, satu-satunya opsi yang tersisa hanyalah ganti komponen. Penggantian EMMC membutuhkan perangkat dan kemampuan teknis yang tidak sembarangan.

Kalau Anda belum siap mengganti EMMC sendiri, percayakan urusan ini pada counter terpercaya atau service center resmi. Tapi jika Anda ingin mencobanya, silakan ikuti video panduan mengganti EMMC di YouTube.

Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total Karena Gagal Flashing, Mana yang Terbaik?

Dari sekian banyak penyebab dan solusi yang tersedia, cara terbaik mengatasi HP mati total adalah antisipasi. Jangan sembarangan melakukan flashing jika belum benar-benar menguasai langkah-langkah teknisnya.

Kalau baru pertama kali flashing, ikuti baik-baik langkah-langkah yang dijelaskan di tutorial. Bandingkan dengan tutorial dari sumber lain untuk menemukan informasi yang paling valid. Terutama di bagian versi firmware dan driver, keduanya harus kompatibel dengan seri Samsung Anda.

Demikianlah cara mengatasi HP Samsung mati total karena gagal flashing. Asal dipraktikkan dengan benar, smartphone Anda pasti kembali ke kondisi normal seperti sedia kala.